Buat pengalaman check-in tanpa hambatan
Pengalaman check-in diawali dengan komunikasi yang jelas dan diakhiri dengan membantu tamu merasa disambut dan nyaman di tempat Anda. Berikut cara membuat proses kedatangan yang lancar.
Atur proses check-in Anda
Buka panduan kedatangan tempat Anda untuk menyiapkan proses check-in yang mudah dan andal.
Pilih waktu check-in. Pertimbangkan durasi yang Anda butuhkan untuk proses pergantian tamu. Sebagian besar Tuan Rumah memilih check-in sore hari sehingga ada cukup waktu untuk membersihkan tempat sebelum tamu berikutnya tiba.
Tulis petunjuk arah yang jelas untuk menuju tempat Anda. Sertakan detail bermanfaat jika tempat sulit ditemukan atau layanan telepon tidak dapat diandalkan di area Anda.
Pilih metode check-in. Sebagian besar tamu lebih suka check-in mandiri yang praktis, yang memungkinkan mereka masuk tanpa kehadiran Anda.
Berikan petunjuk check-in. Setelah Anda memilih metode check-in dan menambahkan detail, seperti lokasi kotak penyimpanan Anda, Anda bisa menambahkan petunjuk langkah demi langkah dengan foto di bagian yang sama.
Buat panduan rumah dan buku panduan. Bagikan informasi penting mengenai tempat Anda, seperti cara terhubung ke wifi, dan tips lokal, termasuk tempat bersantap.
Tamu dapat mengakses petunjuk check-in Anda di detail perjalanan mereka 48 jam sebelum waktu untuk check-in, atau 24 jam sebelumnya jika Anda memiliki kebijakan pembatalan fleksibel.
Pertimbangkan untuk menjadwalkan pesan satu atau dua hari sebelum check-in. Ini adalah kesempatan untuk mengirimkan petunjuk check-in Anda kepada semua tamu yang terdaftar pada reservasi, dan meminta mereka untuk menghubungi Anda jika memiliki pertanyaan.
Persiapkan tempat Anda
Kesan yang didapatkan tamu saat pertama kali masuk ke tempat Anda adalah bagian dari pengalaman check-in.
Selalu jaga kebersihan tempat Anda. Ciptakan rutinitas yang mencakup pembersihan semua permukaan, lantai, dan kain, serta pastikan lagi tempat sudah bebas dari noda, kotoran, dan rambut.
Tampilkan informasi bermanfaat. Letakkan versi cetak panduan rumah dan buku panduan Anda di tempat yang mudah dilihat.
Berikan hadiah sambutan. Ini bisa sesederhana catatan dengan tulisan tangan atau camilan lokal.
Sediakan metode masuk cadangan. Pertimbangkan untuk menyimpan kunci cadangan di kotak penyimpanan di dekat pintu masuk jika metode check-in utama tidak berfungsi.
Apapun cara yang Anda pilih untuk menyambut tamu, Anda atau Rekan Tuan Rumah harus bisa dihubungi saat check-in untuk segera mengatasi segala masalah yang mungkin timbul. Bersikap responsif saat tamu tiba juga dapat memberikan kesan positif untuk masa inap mereka.
Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.