Atur strategi harga Anda

Sesuaikan ketersediaan Anda dan tawarkan diskon untuk merespons permintaan tamu.
Oleh Airbnb pada 1 Des 2020
Bacaan 3 menit
Diperbarui 9 Jan 2025
Atur strategi harga Anda
Menetapkan harga yang kompetitif
Atur strategi harga Anda

Meninjau kembali harga Anda secara berkala dapat membantu Anda tetap bersaing. Pertimbangkan tips berikut saat Anda mengembangkan strategi harga.

Apa yang harus dilakukan secara rutin

Tentukan seberapa sering Anda ingin meninjau dan merevisi harga Anda. Berikut beberapa aktivitas pada jadwal yang cocok untuk Anda.

  • Buka lebih banyak malam: Buka blokiran malam di kalender jika Anda dapat menerima tamu di malam tersebut. Ini akan membantu iklan tempat Anda tampil lebih sering di hasil pencarian dan bisa meningkatkan penghasilan Anda.
  • Sesuaikan durasi perjalanan: Cari kekosongan di antara pemesanan. Jika durasi kekosongan lebih pendek dari durasi minimum perjalanan Anda, tamu tidak dapat memesan tanggal kosong tersebut. Menetapkan masa inap minimum yang lebih singkat untuk tanggal tertentu bisa membantu mengisi kalender Anda.
  • Bandingkan tempat serupa: Memeriksa harga penginapan yang terpesan dan tidak terpesan di area Anda bisa membantu Anda menetapkan harga yang bersaing.

“Saya suka melihat tempat serupa agar saya bisa membandingkan harga saya, memastikan bahwa harga saya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, dan menemukan harga ideal yang pas,” kata Karen, HosTeladan di Nelson, Kanada.

Anda juga bisa mengaktifkan Smart Pricing kapan saja untuk menyesuaikan harga Anda secara otomatis berdasarkan tingkat permintaan setempat. Fitur ini sangat membantu jika Anda ingin mengoptimalkan harga Anda tanpa harus memantaunya terus-menerus.

Mengantisipasi waktu yang lebih sepi

Bahkan tempat yang paling populer dapat memiliki periode sepi dengan jumlah pemesanan yang lebih sedikit. Berikut beberapa cara untuk membantu tempat Anda tampil menonjol saat Anda mengantisipasi periode yang lebih sepi.

  • Tawarkan diskon: Diskon untuk penginapan mingguan dan bulanan bisa membantu mengisi kalender Anda dan mengurangi pergantian tamu. Menambahkan diskon menit terakhir dapat menarik tamu yang memesan 1 hingga 28 hari sebelum kedatangan.
  • Persingkat pemberitahuan di muka: Mengizinkan tamu memesan lebih dekat dengan waktu check-in bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak pemesanan. Pilih waktu tunggu yang singkat, misalnya di hari yang sama, tergantung berapa lama waktu yang Anda butuhkan antara tanggal pemesanan dan tanggal kedatangan tamu.
  • Izinkan masa inap yang lebih singkat: Mempersingkat durasi perjalanan minimum dapat menarik tamu yang memesan masa inap yang lebih singkat. Anda memiliki opsi untuk menyesuaikan durasi minimum perjalanan menurut hari dalam seminggu.

“Saya tentu melihat lebih banyak masa inap dengan durasi yang lebih singkat,” kata Jimmy, HosTeladan di Palm Springs, California. “Ini adalah masa inap menit terakhir yang mungkin tidak direncanakan, jadi dua hari terasa seperti liburan yang menyenangkan. Fleksibilitasnya menarik."

Mengantisipasi waktu yang lebih sibuk

Beberapa fitur Airbnb bisa membantu Anda memanfaatkan seoptimal mungkin saat tingkat permintaan tamu sedang tinggi. Berikut adalah beberapa strategi yang layak dipertimbangkan.

  • Tambahkan diskon early-bird: Menawarkan diskon untuk pemesanan yang dibuat 1 hingga 24 bulan sebelum check-in akan membantu Anda menarik perhatian tamu yang merencanakan perjalanan lebih awal. Untuk diskon sebesar 3% atau lebih, tamu akan melihat keterangan khusus di hasil pencarian dan di halaman iklan Anda. Harga diskon Anda muncul di samping harga semula, yang dicoret.
  • Atur promo khusus: Mengadakan promo adalah cara terbaik untuk menarik lebih banyak pemesanan pada waktu tertentu. Bila Anda menawarkan diskon sebesar 15% atau lebih, tamu akan melihat keterangan khusus di halaman iklan Anda dan di hasil pencarian. Ada persyaratan tertentu untuk menjalankan promo, seperti memiliki setidaknya satu pemesanan dalam setahun terakhir.
  • Tingkatkan rentang waktu ketersediaan Anda: Anda bisa membuka tanggal pada kalender Anda hingga dua tahun sebelumnya. Iklan tempat Anda akan muncul di lebih banyak hasil pencarian—dan di daftar hasil pencarian yang lebih singkat jika jumlah tempat yang tersedia pada saat itu lebih sedikit.

“Terkadang ada tamu yang memesan tempat saya satu tahun lebih awal untuk liburan musim panas mereka, atau enam bulan lebih awal untuk Natal,” kata Anne, HosTeladan di Tarragona, Spanyol. “Orang-orang yang cenderung memesan lebih awal biasanya tidak membatalkan. Ini juga penting karena dengan begitu, Anda akan tahu apa yang akan terjadi.”

Anda mengontrol harga dan pengaturan lainnya setiap saat. Hasil yang Anda peroleh bisa bervariasi.

Tuan rumah mendapatkan bayaran atas partisipasinya dalam wawancara.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Atur strategi harga Anda
Menetapkan harga yang kompetitif
Atur strategi harga Anda
Airbnb
1 Des 2020
Apakah ini membantu?