Cara mengatur strategi harga
Harga merupakan salah satu hal utama yang dipertimbangkan tamu saat menentukan di mana akan menginap. Tidak peduli seberapa indah tempat Anda, jika harganya lebih tinggi dari tempat lain yang sebanding di dekatnya, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan pemesanan.
Tempat dengan harga yang diperbarui empat kali pada tahun 2022 mendapatkan jumlah malam terpesan sekitar 30% lebih banyak dibandingkan tempat dengan harga yang tidak diubah sama sekali.* Pertimbangkan tips berikut untuk mengetahui strategi harga yang sesuai untuk Anda.
Memahami area Anda
Gunakan kalender Anda untuk membandingkan harga tempat Anda dengan harga rata-rata tempat serupa di sekitar Anda pada peta area Anda. Anda bisa memilih untuk melihat iklan tempat yang sudah terpesan atau belum terpesan.
Berikut cara membandingkan harga di peta:
Pilih tanggal atau rentang tanggal hingga 31 malam.
Ketuk atau klik harga per malam Anda, lalu tombol yang menampilkan pin lokasi dengan keterangan "Tempat serupa" dan rentang harga.
Harga yang ditampilkan di peta mencerminkan harga rata-rata terpesan atau belum terpesan dari setiap tempat untuk tanggal yang dipilih. Faktor-faktor yang menentukan tempat serupa mencakup lokasi, ukuran, fitur, fasilitas, penilaian, ulasan, dan tempat lain yang ditelusuri tamu saat mempertimbangkan tempat Anda.
Menawarkan nilai terbaik
Memahami biaya yang dibayar tamu bisa membantu Anda menawarkan nilai terbaik dan mendukung target penghasilan Anda. Harga total mencakup harga per malam Anda, biaya tambahan yang Anda tetapkan (untuk kebersihan, tamu tambahan, atau hewan peliharaan), biaya layanan Airbnb, dan pajak.
Harga yang kompetitif bisa membantu menjadikan tempat Anda tampil lebih menonjol dan berada di peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian. Algoritme memprioritaskan harga total dan kualitas suatu tempat dibandingkan dengan tempat serupa di sekitarnya.
Beberapa biaya yang Anda sertakan dalam harga Anda mungkin tidak jelas bagi tamu. Anda menawarkan fasilitas tambahan, seperti sarapan lengkap, produk mandi mewah, atau layanan streaming? Sampaikan dengan jelas dalam deskripsi iklan Anda agar tamu memahami bahwa harga tempat Anda sepadan dengan nilai yang ditawarkan.
Mempertimbangkan diskon dan promosi
Diskon dan promosi memungkinkan Anda menawarkan harga yang lebih rendah dalam kondisi tertentu tanpa mengubah harga per malam normal Anda. Fitur ini mendukung berbagai situasi, seperti ketika menyambut tamu pertama Anda atau menerima tamu dengan masa inap lebih panjang.
Iklan tempat baru: Mempromosikan tempat baru dengan diskon 20% dari harga per malam bisa membantu Anda memikat tiga tamu pertama. Data Airbnb menunjukkan bahwa Tuan Rumah yang menawarkan promosi ini selama 30 hari pertama sejak iklan aktif biasanya mendapatkan pemesanan awal lebih cepat.
Masa inap yang lebih panjang: Menawarkan diskon mingguan dan bulanan bisa menghasilkan tingkat keterhunian yang lebih tinggi, pergantian tamu yang lebih rendah, dan mengurangi pekerjaan yang harus Anda lakukan. 46% malam yang terpesan di Airbnb pada tahun 2022 adalah untuk reservasi selama satu minggu atau lebih.
Diskon dan promosi yang tersedia untuk tempat Anda bisa diatur dari kalender menerima tamu Anda.
*Berdasarkan iklan tempat di seluruh dunia (kecuali Tiongkok, Belarus, Rusia, dan Ukraina) yang memiliki ketersediaan tempat satu malam atau lebih dari Januari hingga Desember 2022 dan tidak mengaktifkan Smart Pricing. Berbagai faktor tambahan dapat memengaruhi jumlah malam yang terpesan.
Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.