Berkomunikasi secara efektif

Mengirimkan pesan yang jelas dan di waktu yang tepat kepada tamu.
Oleh Airbnb pada 10 Jan 2024
Bacaan 2 menit
Diperbarui 26 Jul 2024

Berkomunikasi secara efektif dengan tamu bisa mengubah pengalaman menginap yang menyenangkan menjadi luar biasa. Gunakan fitur pengiriman pesan Airbnb untuk membagikan detail dan pengingat penting, menanggapi pertanyaan dengan cepat, dan menyampaikan sambutan hangat.

Memulai dengan hal-hal dasar

Cara Anda menyampaikan informasi akan membantu menentukan suasana pengalaman menginap. Usahakan sebaik mungkin untuk:

  • Selalu siap sedia. Aktifkan notifikasi untuk menerima dan menanggapi pesan tamu dengan cepat. Annette, Tuan Rumah di San Francisco, mengatakan bahwa, untuk masalah kecil sekalipun, ia akan meminta tamu untuk “segera hubungi kami dan kami akan menanganinya.”

  • Bersikap transparan. Gambarkan secara akurat hal-hal yang akan diperoleh tamu. “Hal yang Anda janjikan kepada tamu dan hal yang mereka dapatkan saat mereka tiba harus sama,” kata Daniel, Tuan Rumah di San Francisco.

  • Bersikap terbuka. Tanyakan kepada tamu cara Anda bisa membantu mereka merasa nyaman dan disambut baik. “Akan ada hal-hal yang tidak kita antisipasi sebagai Tuan Rumah,” kata Sadie, HosTeladan di Santa Fe, New Mexico.

  • Bersikap peduli. Cara Anda menanggapi suatu masalah dapat meninggalkan kesan yang mendalam. “Anda bisa mengubah situasi sulit menjadi pemesanan kembali jika Anda menanganinya dengan benar, dengan menunjukkan empati dan bekerja cepat untuk mengatasinya,” kata Felicity, anggota Dewan Penasihat Tuan Rumah dan HosTeladan di New South Wales, Australia.

Mengirimkan pesan di momen-momen penting

Antisipasi hal-hal yang perlu diketahui tamu untuk memberikan pengalaman yang lancar dan meminimalkan pertanyaan. Saat-saat penting dalam perencanaan perjalanan dan perjalanan meliputi:

  • Pertanyaan atau permohonan pemesanan. Anda memiliki waktu 24 jam untuk menanggapi saat tamu menghubungi Anda, namun sebaiknya Anda membalas sesegera mungkin. Sebagian besar Tuan Rumah melakukannya dalam satu jam. 

  • Konfirmasi pemesanan. Kirimkan pesan “terima kasih telah memesan” untuk menjalin komunikasi dan beri tahu tamu bahwa Anda siap menjawab pertanyaan apa pun.

  • Kedatangan. Ingatkan tamu satu atau dua hari sebelum kedatangan bahwa mereka bisa menemukan petunjuk check-in Anda di aplikasi, dan bagikan catatan penting tentang cara masuk ke tempat Anda.

  • Selama masa inap. Segera tanyakan kepada tamu setelah mereka tiba apakah mereka memiliki semua yang dibutuhkan untuk membuat masa inap mereka nyaman. Anda bisa merekomendasikan toko, restoran, dan aktivitas lokal favorit Anda.

  • Meninggalkan tempat. Segera kirimkan pesan setelah check-out untuk berterima kasih kepada tamu dan meminta mereka memberikan ulasan. Beri ulasan untuk tamu sesegera mungkin.

Mengotomatiskan pesan Anda

Memiliki tingkat respons yang baik adalah satu dari beberapa faktor yang dapat membantu iklan Anda muncul lebih tinggi di hasil pencarian tamu di Airbnb. 

Gunakan fitur ini di tab Pesan untuk mengantisipasi dan menanggapi pertanyaan rutin sesegera mungkin:

Balasan cepat 

  • Buat templat pesan untuk membagikan informasi dengan mudah, seperti tempat parkir atau jika tamu bisa menitipkan bagasi sebelum check-in. 

  • Anda bisa mempersonalisasi templat ini dengan shortcode yang otomatis mengisi detail tamu, reservasi, dan tempat. 

  • Setelah Anda mengatur balasan cepat, fitur di tab Pesan menggunakan AI untuk memahami pertanyaan tamu dan secara otomatis menyarankan balasan Anda yang paling relevan. 

Pesan terjadwal 

  • Buat pesan standar dan jadwalkan untuk dikirimkan kepada tamu di momen-momen penting, seperti yang disebutkan di atas. 

  • Anda juga dapat mempersonalisasi pesan ini dengan shortcode.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
10 Jan 2024
Apakah ini membantu?